RSS

The Bluebeard – Dongeng Klasik

01 Mei

Sebuah dongeng asal Perancis yang berjudul asli La Barbe bleue, karya Charles Perrault, yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 1697 di Paris.Konon katanya, sosok Gilles de Rais, seorang pembunuh berantai, adalah sumber inspirasi dibuatnya cerita ini.

bluebeard

The Bluebeard mengisahkan seorang saudagar yang kaya raya, yang tinggal di sebuah rumah megah. Walaupun kaya raya, wanita-wanita di lingkungan sekitar enggan menikah dengannya karena perangainya yang keras dan tampak menerikan serta janggut birunya yang tampak buruk. Menurut kabar burung yang beredar saudagar tersebut sudah pernah menikah dengan beberapa wanita sebelumnya, namun tidak diketahui di mana dan apa yang terjadi dengan isteri saudagar tersebut.

Suatu ketika, sang saudagar berjanggut biru itu ingin menikahi salah seorang dari dua puteri tetangganya. Pada awalnya sang wanita menolak, namun setelah upaya keras Bluebeard merayu dan membujuk, akhirnya mereka menikah. Tak lama setelah mereka menikah, Bluebeard memutuskan untuk melakukan perjalanan bisnis selama beberapa hari, sebelum pergi Ia memberikan beberapa kunci kepada isterinya. Semua kunci itu untuk membuka beberapa ruangan yang berikisikan benda-benda penting dan berharga, dan semuanya boleh dibuka oleh sang isteri, kecuali satu, sebuah ruangan terlarang. Sang isteri pun berjanji tidak akan membuka ruangan tersebut.

Namun, rasa penasaran mengalahkan janji yang telah dibuat sang isteri, Ia pun akhirnya membuka ruangan terlarang tersebut, yang ternyata berisikan jenasah para isteri-isteri terdahulu dari si Bluebeard. Ruangan yang penuh darah dan jasad wanita itu membuat dirinya shock, dan menjatuhkan kuncinya tepat di genangan darah. Segera menceritakan hal ini kepada, saudara perempuannya yang bernama Anne, mereka merencanakan untuk kabur dari rumah megah tersebut keesokan harinya.

Tak disangka, keesokan harinya sang saudagar kembali lebih cepat dari dugaannya dan menyadari noda darah pada kunci pintu terlarang, Ia pun geram dan berniat membunuh sang isteri. Mendapati dirinya ketahuan, sang isteri meminta satu permohonan sebelum dibunuh, yakni untuk diberi kesempatan berdoa dulu di ruangannya. Pada saat itulah sang isteri bersama Anne mengunci ruangan tersebut dan mengganjal dengan benda-benda apapun yang bisa digunakan untuk menahan pintu ruangan. Sementara si saudagar berusaha mendobrak pintu dengan pedang ditangannya.

Untungnya tak lama dua kakak laki-laki sang isteri dan Anne tiba untuk membantu mereka berdua kabur, sebuah pertarungan yang sengit terjadi, sampai akhirnya si saudagar berjanggut biru terbunuh. 
Karena tak memiliki ahli waris, segala harta dan chateau milik si Bluebeard itu pun jatuh ke tangan sang isteri, yang kemudian dibagikan kepada kakak-kakak laki-lakinya dan juga Anne, serta untuknya menikah lagi dengan laki-laki pilihannya untuk melupakan pengalaman mengerikan yang pernah dihadapinya tersebut.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 1, 2013 in dongeng

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: